Fisipol UGM 0 Comments

Kajian Gender: Menelisik Trend Perempuan di Bisnis Kuliner Online

Saat ini, melalui media sosial, para penggiat kuliner lokal maupun pengusaha berusaha untuk mendobrak sektor ekonomi kreatif, khususnya dari kalangan perempuan. Perempuan adalah kunci bagi inovasi yang bersifat lokal, baik di sektor sukarela maupun perdagangan (Maddock, 1998). Perempuan cenderung mendominasi bisnis kuliner terutama dalam menciptakan inovasi baru. Berdasarkan data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang bekerja sama dengan Badan Pusat Statistika (BPS), per tahun 2018-2021 mencatat penyerapan tenaga kerja tertinggi di sektor ekonomi kreatif yaitu kuliner, sebesar 56.86% dengan mayoritas tenaga kerja adalah perempuan. Pada awal tahun 2021, sejak pandemi Covid-19 muncul, bisnis kuliner lokal banyak diinisasi dari media sosial seperti Instagram, Facebook, YouTube, dan Twitter. Beberapa akun di media sosial tersebut mendemonstrasikan resep-resep kuliner lokal seperti akun Instagram @yummy.idn dengan jumlah follower 2.6 juta serta @lilik_indrayani_81 dengan jumlah follower 262 ribu. Adapun, perempuan rata-rata menjadi kontributor dalam setiap konten di media sosial yang berkaitan dengan perdapuran. Popularitas program memasak seperti MasterChef Indonesia dan keberhasilan perempuan dalam menduduki gelar juara dalam perdapuran juga semakin mendorong trend bisnis kuliner lokal.

Read More

Leave a Comment